Agar Suara Speaker Ponsel Kamu Jernih, Bersihkan Dengan Cara Ini!

Smartphone saat ini digunakan dalam hampir seluruh aktifitas penggunanya. Dengan demikian, tak heran bila berbagai fitur menarik disematkan oleh vendor-vendor smartphone ke dalam produk mereka. Salah satu fitur yang memiliki daya tarik tinggi adalah speaker, yang mampu menghantarkan suara apapun kepada pemegang smartphone terkait.

Akan tetapi, fitur tersebut memiliki satu kelemahan, yakni menjadi medan magnet yang kuat bagi debu di sekitarnya. Ketika debu tersebut telah memenuhi seluruh lubang pada speaker smartphone kamu, maka bisa dipastikan suara yang keluar tidak akan maksimal. Bahkan, di beberapa kasus debu yang menutup lubang tersebut mampu merusak performa dari speaker sebuah smartphone.

Sebagai tim yang siap membantu kamu dalam menyelasaikan permasalahan seputar smartphone, kali ini kami beberakan beberapa cara dalam membersihkan speaker ponsel dari debu yang melekat. Berikut ulasan.

Bersihkan dengan Isolasi

Isolasi merupakan bahan perekat yang memiliki fungsi untuk menyatukan atau menutupi kecacatan pada sebuah benda. Berkat daya rekatnya yang cukup tinggi, Isolasi mampu dijadikan sebagai alat yang handal untuk mengangkat debu-debu yang menempel pada speaker smartphone kamu.

Adapun jenis Isolasi yang dapat kamu gunakan adalah yang berbahan transparan. Pasalnya, lem pada jenis Isolasi tersebut tidak terlalu banyak, sehingga tidak akan meninggalkan jejak lem pada speaker smartphone kamu.

Untuk cara menggunakannya, kamu cukup menempelkan Isolasi yang telah digunting menjadi beberapa centimeter kepada lubang-lubang speaker. Lekatkan secara merata dan diamkan selama beberapa saat. Ketika dirasa cukup, maka cabutlah Isolasi tersebut. Ulangi langkah tersebut hingga debu benar-benar menghilang dari speaker kamu.

Bersihkan dengan Compressed Air atau Peniup Udara
Ada kalanya, debu yang telah menempel pada speaker kamu sulit untuk dihilangkan. Jika hal tersebut telah dialami oleh perangkat kamu, maka kini saatnya untuk menggunakan cara yang sedikit agak kasar namun tetap menjaga keamanan dari speaker tersebut, yakni dengan menggunakan peniup udara atau compressed air.

Walaupun kamu mampu menciptakan udara sendiri dengan menghembuskan nafas dari mulut, namun tenaga yang dikeluarkan sangat kecil untuk dapat menghilangkan debu tersebut. Maka dari itu, compressed air adalah alat yang tepat untuk kamu gunakan dalam membersihkan speaker ponsel kamu saat ini.

Semprotkan peniup udara tersebut secara perlahan, dan jangan terlalu berlebihan ataupun terlalu kecil. Untuk memastikannya, sodorkan terlebih dahulu alat tersebut ke tanganmu, jika kulit pada tanganmu terdorong tanpa merasakan sakit, maka itulah tekanan yang cukup.

Arahkan nozzle dari compressed air ke arah lubang speaker, namun tidak boleh lurus. Buatlah sedikit sudut agar debu tidak terdorong ke dalam lubang speaker. Sudut yang kami rekomendasikan adalah sebesar 45 derajat. Dengan demikian, debu-debu pada ponsel kamu bisa dibinasakan secara cepat.


Bersihkan dengan Sikat Gigi

Saat compressed air tidak kamu miliki dirumah, masih terdapat satu alat lagi yang mampu membantu kamu untuk membersihkan debu pada lubang speaker, yakni sikat gigi. Pastikan sikat gigi yang kamu gunakan memiliki bahan yang lembut, sehingga tidak merusak permukaan speaker ataupun bagian dalamnya.

Sikatkan secara perlahan namun pasti, untuk menghilangkan debu tersebut dari seluruh area lubak speaker smartphone kamu. Dan, jangan pernah menggunakan air, karena bukannya meningkatkan kualitas suara speaker, kamu malah akan merusak speaker sekaligus smartphone kesayanganmu.


Bersihkan dengan Aplikasi

Terdengar gila? Tunggu dulu sampai kamu mendengar penjelasan kami. Saat alat-alat diatas kamu rasa terlalu berbahaya bagi speaker smartphone kamu, berarti kini kita akan membersihkannya dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Speaker Clean.


Speaker Clean akan membersihkan speaker kamu dengan mengirimkan suara bernada tinggi, namun dengan durasi yang kecil. Suara yang diciptakan oleh aplikasi tersebut akan keluar dari lubang-lubang speaker kamu, dengan turut membawa partikel debu yang menempel di dalamnya. Suara bernada tinggi tersebut akan keluar selama beberapa detik.

Ketika aplikasi telah selesai melakukan pembersihan dengan mengirimkan suara tersebut, kamu bisa langsung memutarkan sebuah musik untuk mengecek hasil kerja dari Speaker Clean. Jika aplikasi tersebut berhasil membersihkannya, maka secara otomatis kamu akan merasakan perbedaan suara yang keluar.

0 komentar